Cara Test Aplikasi Android Di Emulator

Cara Test Aplikasi Android Di Emulator - Hallo sahabat Kumpulan Aplikasi Android Tercanggih Pilihan Yang Paling Berguna, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Test Aplikasi Android Di Emulator, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel android indonesia, Artikel test aplikasi di emulator, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Test Aplikasi Android Di Emulator
link : Cara Test Aplikasi Android Di Emulator

Baca juga


Cara Test Aplikasi Android Di Emulator

Walau kita tak punya uang untuk beli smart phones seperti handphone android, tablet android dll, tapi kita masih bisa melihat dan meng-uji coba cara kerja  aplikasi android yang kita bangun melalui  android emulator yang terkenal dengan nama AVD(android virtual device).
Emulator kata dasarnya adalah emulate yaitu meniru atau (hampir)menyamai benda asli-nya. Melihat beberapa skin(tampang depan) AVD yang di sediakan android yang begitu menyerupai telepon benaran, kadang2 kita merasa bagaikan menggunakan device android benaran. Sentimen itu di dukung oleh kenyataan bahwa kalau kita coba aplikasi buatan kita sendiri di AVD dan bekerja sesuai yang kita rencanakan dan sesuai yang kita butuhkan maka hampir pasti aplikasi tersebut akan berjalan serupa di HP benaran.

Saya sudah coba aplikasi ringan seperti ini  dan hasilnya sama persis antara Emulator dan hp bahkan juga nampak sama di tablet android yang nota bene berlayar besar.

Baris berikut adalah iklan, sorry yah...





Berikut adalah langkah untuk memasang AVD atau emulator di eclipse:


- klik pada Window, AVD Manager, New secara berurutan agar menghasilkan seperti gambar2 berikut

pada gambar di atas saya telah membuat(menyediakan) beberapa emulator sesuai API dan paltform level android, sehingga ketika saya ada latihan membuat applikasi maka saya akan mencoba semua emulator yang ada.

- beri nama di Name pada Create new Android Virtual Device (AVD)
- pilih android level yang sesuai dengan tujuan aplikasi pada Target
- untuk sementara biarkan pembagian SD Cardnya kosong
- silahkan pilih ukuran AVD pada Built-in
- Saya sendiri suka pakai yang HVGA dan QVGA untuk hemat layar
- Biarkan saja Hardware, Property Value-nya default
- klik Create AVD
- nama Virtual Device-nya akan muncul di layar yang bernama Android Virtual Device Manager. Di sana AVD-nya bisa di rombak sesuka hati, seperti Delete, Edit, Repair dll

Berikut adalah langkah2 bagaimana menjalankan aplikasi pada AVD:

1 tekan kanan pada nama aplikasi yang mau di coba di AVD
2 klik Run As, Run Configuration...
3 klik Android Application di bagian kiri
4 klik New atau lambang kertas di pojok paling kiri seperti di tunjukan panah pada gambar berikut

5 pada Name di sebelah kanan akan muncul New_configuration(1)
6 ganti New_configuration(1) dengan nama sesuai logika anda sendiri, biasanya sebuah nama yang menyerupai nama aplikasi yang akan di coba, agar bisa di ingat AVD mana untuk aplikasi yang mana? Adalah penting untuk mencoba aplikasi dengan AVD yang berbeda.
7 klik Android, Browse pilih aplikasi yang akan di pakai oleh AVD ini
8  pilih Launch Default Activity
9 klik Target pilih Automatic dan pilih dari Select preferred Android Virtua Device for deployment AVD mana yang mau di pasang
10 klik Apply, Run biarkan AVD/Emulator-nya jalan.

Nanti setiap kali membuat perubahan pada aplikasi dan mau lihat hasilnya maka tinggal klik kanan Run As, 1 Android Application

Kalau mau memulai belajar membangun aplikasi android silahkan join dan baca2 di sini

Selamat mencoba


Demikianlah Artikel Cara Test Aplikasi Android Di Emulator

Sekianlah artikel Cara Test Aplikasi Android Di Emulator kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Test Aplikasi Android Di Emulator dengan alamat link https://aplikasijalantikus.blogspot.com/2011/11/cara-test-aplikasi-android-di-emulator.html

0 Response to "Cara Test Aplikasi Android Di Emulator"

Posting Komentar