Cara Mengatasi Error MBR di Windows 7, Vista dan XP

Cara Mengatasi Error MBR di Windows 7, Vista dan XP - Hallo sahabat Kumpulan Aplikasi Android Tercanggih Pilihan Yang Paling Berguna, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mengatasi Error MBR di Windows 7, Vista dan XP, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Windows 7, Artikel Windows XP, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mengatasi Error MBR di Windows 7, Vista dan XP
link : Cara Mengatasi Error MBR di Windows 7, Vista dan XP

Baca juga


Cara Mengatasi Error MBR di Windows 7, Vista dan XP

Terkadang kita mendapati sistem pada MBR (Master Boot Record) bisa jadi karena sistemnya yang corrupt atau juga virus di komputer sehingga menyebabkan kerusakan MBR pada hardisk itu sendiri. Lalu, bagaimana cara mengatasi error MBR di Windows 7, Vista dan XP? Tenang saja, karena Anda akan mendapatkan solusinya di sini. Biasanya sering terjadi error in loading operating system, missing operating system, dan invalid partition table.


Kesalahan-kesalahan ini terjadi biasanya disebabkan komputer memiliki 2 atau lebih sistem operasi namun jika salah satu sistem tersebut di hapus dari komputer seperti halnya windows 7 dan linux, tapi karena tidak adanya boot loader dari sistem itu sehingga bisa menimbulkan kesalahan seperti di atas. Biasanya kesalahan tersebut juga menyatakan bahwa terjadinya kerusakan pada MBR. Dimana ketika komputer dihidupkan pertama kali, maka program awal akan memuat sistem BIOS (Basic Input Output System). Nah, alamat memori yang BIOS butuhkan ini adalah MBR atau Master Boot Record. Disinilah kita perlu cara mengatasi error MBR di  windows 7, vista maupun XP.

Namun terkadang banyak pengguna yang menganggap jika MBR rusak maka solusinya adalah dengan menginstall ulang windowsnya. Padahal kita bisa memperbaiki sistem MBRnya tanpa harus menginstall ulang.

CARA MENGATASI ERROR MBR DI WINDOWS XP
1. Lakukan restart komputer, lalu masukkan CD/DVD windows XP ke dalam komputer/laptop. 
2. Setelah itu pilihlah menu opsi di bawah dengan menekan tombol R untuk memperbaiki aplikasi windowsnya hingga muncul recovery consolenya. 
3. Tekan angka 1 setelah recovery console muncul (angkanya disesuaikan dengan instalasi windows di  komputer masing-masing) lalu Enter, kemudian masukan pasword user dari administrator, jika tidak ada maka cukup dengan menekan tombol enter. 
4. Nah, setelah masuk ke dalam mode command prompt, maka ketikan perintah ini lalu tekan enter: fixmbrdan, sehingga MBR lama akan terganti dengan MBR baru. Sedangkan untuk memperbaiki boot sektor yang rusak, cukup ketikkan perintah: fixboot

Itu adalah cara mengatasi MBR di windows XP, namun jika Anda memakai windows 7 dan Vista akan berbeda lagi caranya.

CARA MEMPERBAIKI MBR DI WINDOWS 7 DAN WINDOWS VISTA
1. Masukan CD/DVD drive windows 7 atau Vista ke komputer/laptop Anda, dan lakukan booting dari CD/DVD. 
2. Pilihlah bahasa yang digunakan (language), waktu (time), currency dan lainnya lalu klik Next dan klik "repair tyour computer". 
3. Pilihlah menu opsi untuk repair sistem operasi lalu klik Next kemudian Anda akan berada dalam jendela System Recovery Options dan pilih Command Prompt. 
4. Jika Anda memakai Windows Vista maka didalam command prompt nya ikuti perintah lalu tekan Enter: bootrec.exe 
5. Sedangkan jika Anda memakai Windows 7 maka dalam jendela Command Prompt ketikkan perintah berikut: bootsect/nt60 C:\, Anda harus menyesuakan perintahnya jika windows tidak terinstall ke dalam partisi C. 
6. Keluarkan CD/DVD drive setelah selesai menginstall, lalu lakukan restart pada komputer. Sehingga windows pada komputer akan berjalan lancar seperti semula.

Nah, demikian cara mengatasi error MBR di windows baik itu windows 7, Vista maupun XP. kita bisa memperbaikinya tanpa perlu menginstall ulang semoga bermanfaat bagi Anda semua ya! 


Demikianlah Artikel Cara Mengatasi Error MBR di Windows 7, Vista dan XP

Sekianlah artikel Cara Mengatasi Error MBR di Windows 7, Vista dan XP kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mengatasi Error MBR di Windows 7, Vista dan XP dengan alamat link https://aplikasijalantikus.blogspot.com/2014/05/cara-mengatasi-error-mbr-di-windows-7.html

0 Response to "Cara Mengatasi Error MBR di Windows 7, Vista dan XP"

Posting Komentar