Cara Membuka Port Yang Diblokir Iptables Atau Firewall Pada Linux

Cara Membuka Port Yang Diblokir Iptables Atau Firewall Pada Linux - Hallo sahabat Kumpulan Aplikasi Android Tercanggih Pilihan Yang Paling Berguna, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuka Port Yang Diblokir Iptables Atau Firewall Pada Linux, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Linux, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuka Port Yang Diblokir Iptables Atau Firewall Pada Linux
link : Cara Membuka Port Yang Diblokir Iptables Atau Firewall Pada Linux

Baca juga


Cara Membuka Port Yang Diblokir Iptables Atau Firewall Pada Linux

Linux merupakan salah satu program yang masih jarang digunakan digunakan pada PC atau komputer. Program ini tidak jauh berbeda dengan program windows ataupun program lainnya. Sama dengan windows yang terdapat seri dalam setiap programnya, Linux juga seperti itu ada serinya tersendiri pada setiap program yang diinstallkan. Salah satu komponen yang ada pada program Linux adalah port. Port yang ada pada linux inilah yang menjalankan program dari linux. Port dalam linux tidak hanya satu saja tapi banyak ada lebih dari tiga port yang dapat dibuka pada linux.


Sama halnya dengan program windows, pada Linux juga sering terjadi troble atau masalah pada port. Sering kali linux yang terprogram dengan setting default tidak dapat membuka beberapa port. Salah satu masalah yang sering muncul adalah hanya port 22 saja yang dapat dibuka pada linux. Padahal semua service sudah di start. Secara default sebenarnya firewall iptables pada linux menyimpan konfigurasi file dalam /etc/sysconfig/iptables. Untuk membuka port pada linux hanya perlu mengedit file/etc/sysconfig/iptables serta menambahkan “rules” sesuai dengan port yang akan dibuka. Cara yang akan disajikan ini adalah cara membuka port 80, 110, dan 143 dan berlaku untuk beberapa versi linux yaitu:

1. Red Hat Enterprise Linux 3/4/5 dan versi keatas.
2. Red Hat Linux versi lama.
3. CentOS 4 keatas, dan
4. Fedora Linux

Berikut akan disajikan cara membuka port linux 80, 110, dan juga 143, pada linux:

1. Cara membuka port 80
Untuk membuka port 80 bukalah file /etc/sysconfig/iptables, cara membuka file ini adalah dengan mengetikkan vi /etc/sysconfig/iptables kemudian tambahkan aturan pada iptables berupa -A RH-Firewall-1-INPUT -m state --state NEW -m tcp -p tcp --dport 80 -j ACCEPT. Setelah hal ini dilakukan, Anda harus menyimpan dan menutup iptables kemudian lakukan restart pada iptables. Cara merestart iptables ini adalah /etc/init.d/iptables restart.

2. Cara membuka port 110
Untuk membuka port 110 Anda hanya perlu menambahkan rule atau aturan pada iptables yaitu dengan cara yang sama untuk membuka port 80 tapi hanya saja perintah rule atau aturan tambahan yang digunakan berbeda. Aturan tambahan untuk membuka port 110 adalah -A RH-Firewall-1-INPUT -m state --state NEW -m tcp -p tcp --dport 110 -j ACCEPT. Setelah dilakukan penambahan aturan tersebut simpan kemudian tutup dan restartlah iptables.

3. Cara membuka port 143
Port 143 dapat Anda buka dengan cara yang sama dengan cara membuka port 80 dan juga port 110. Namun, tentu saja aturan tambahan atau rule yang digunakan berbeda dengan port 80 dan 110. Rule atau aturan tambahan yang digunakan adalah -A RH-Firewall-1-INPUT -m state --state NEW -m tcp -p tcp --dport 143 -j ACCEPT. Kemudian lakukan penyimpanan dan restart iptable.

Setelah dilakukan perintah seperti di atas iptable service juga harus direstart caranya yaitu dengan mengetikkan perintah service iptables restart, dan pastikan port sudah terbuka kemudian jalankan perintah netstat -tulpn | less. Pastikan iptables sudah mengizinkan koneksi untuk port 80, 110 dan 143 dengan cara mengetikkan iptables -L -n. Untuk melihat iptables manual dapat menggunakan cara ketikkan man iptables.


Demikianlah Artikel Cara Membuka Port Yang Diblokir Iptables Atau Firewall Pada Linux

Sekianlah artikel Cara Membuka Port Yang Diblokir Iptables Atau Firewall Pada Linux kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuka Port Yang Diblokir Iptables Atau Firewall Pada Linux dengan alamat link https://aplikasijalantikus.blogspot.com/2014/05/cara-membuka-port-yang-diblokir.html

0 Response to "Cara Membuka Port Yang Diblokir Iptables Atau Firewall Pada Linux"

Posting Komentar